Selasa, 06 November 2012

Seriuslah Untuk Mereka

Mahasiswa,,,
dulu rasa bangga kerap muncul karena telah menjadi mahasiswa, menjadi lebih dari mereka, mereka yang hanya sampai SMA bahkan mereka yang tak pernah merasakan bangku sekolah. Mahasiswa bahkan mendapat nilai lebih saat berada di lingkungan apapun, mereka tak pernah peduli mahasiswa dari mana dan mahasiswa seperti apa. Selalu persepsi khusus yang mereka berikan untuk mahasiswa.

sekarang aku semester 5, aku berkecimpung di himpunan di jurusanku. kebetulan aku kuliah di PTN yang notabennya mendapat bantuan dana dari mereka yang sesungguhnya juga butuh bantuan dana. Beberapa hari yang lalu ada teman angkatanku yang terDO, ya masalah akademik dan ada beberapa teman yang bahkan sampai sekarang mengantri di daftar dispensasi. rata-rata semua masalah akademik.
Kadang aku bertanya apakah kuliah di jurusanku terlalu sulit? atau memang mereka yang tidak mampu mengimbangi level jurusanku yang terlalu tinggi? rasanya tidak mungkin jika dua pertanyaan diatas menjadi alasan. Aku bukan orang yang pintar tapi aku merasa kuliah di jurusanku tidak terlalu sulit dan mahasiswa yang masuk jurusanku adalah orang-orang terpilihsetelah melalui serangkaian tes yang tak semua orang bisa melaluinya.
ketika dulu aku masih MaBa (mahasiswa baru) aku melalui masa-masa yang sangat sulit, aku mendapat suntikan semangat dari kata-kata sederhana seorang SC (steering commite) pengkaderanku. " kamu tidak akan pernah tahu batas kemampuanmu, kamu hanya dapat tahu batas kemauanmu" (Rintok Setyo Wardani). dari situ aku yakin sebenarnya semua bukan masalah kemampuan tapi masalah kemauan yaitu niat.

perlahan aku merasa getir jika disebut mahasiswa, bagaimana tidak? setiap hari aku di hantui harapan-harapan mereka (ayah ,ibu, keluarga dan bangsa) yang memberi kepercayaan padaku. Aku akan berdosa pada banyak orang jika tak serius dalam kuliah.
" Jika terlintas pikiran bodoh untuk tidak serius dalam kuliah, bercerminlah maka kamu akan melihat satu wajah yang akan kecewa padamu, jika kamu melihat lebih luas maka akan ada jutaan wajah tanpa harapan yang melihatmu. Ayah, Ibu, keluarga dan bangsamu. berapa banyak senyum yang akan berubah jadi masam dan berapa banyak keringat yang akan berubah jadi air mata. Jika kamu tak sepeka itu maka pikirkanlah masa depanmu sendiri."

kuliah itu gampang teman, cukup datang dan mendengarkan. Niat dan keseriusan adalah kunci, InsyaAllah akan mudah.

mohon SERIUSLAH UNTUK MEREKA...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top