Senin, 06 Februari 2012

Jurusan Teknik Mesin ITS

Filosofi
Jurusan Teknik Mesin mempunyai semboyan kebanggaan yaitu über Alles, yang diambil dari Bahasa Jerman yang berarti “di atas segalanya”. Bagi masyarakat Mesin bermakna rasa kebanggaan sebagai anggota keluarga besar Teknik Mesin . Dan akan selalu berbuat yang terbaik dan menjadi yang terbaik demi menjunjung tinggi nama Teknik Mesin. Lambang Teknik Mesin ITS sangat khas dan unik yaitu huruf M – rotari berwarna merah yang tidak terputus dan bila huruf tersebut diputar 180 derajat akan tetap terbaca M. Lambang tersebut menggambarkan suatu dinamika yang berkesinambungan dan berlanjut, dan warna merah darah merupakan bukti bahwa masyarakat Mesin mempunyai keberanian yang tinggi dalam berkarya. Dan menghadapi tantangan serta perasaan sedarah, sebagai keluarga besar Teknik Mesin ITS.

Misi Dasar
“Menghasilkan lulusan dengan kualitas tinggi yang mempunyai kemampuan untuk beraksi sebagai agen pengembangan industri dengan pengoptimalan dan perbaikan sistem pendidikan dan manajemen”

How To Get The Mission?
Jurusan Teknik Mesin ITS bertekad untuk memperkuat sumber daya manusianya. Sumber daya manusia memberikan kecerdasan institusi dan menentukan reputasi serta tenaga hidup bagi institusi. Keterlibatan dan kerja tim adalah faktor nilai manusia yang penting untuk jurusan. Jurusan Teknik Mesin ITS bertekad untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi melalui kegiatan laboratorium yang intensif dan dari pengalaman industri.
Jurusan Teknik mesin ITS bertekad untuk secara kontinyu memperbaiki program sarjana S1, melalui : • Komunikasi yang terus-menerus dengan sekolah – sekolah lain, pusat-pusat penelitian dan pihak industri. • Bekerjasama secara interaktif dengan para praktisi di lapangan dan berhubungan dengan asosiasi tenaga profesional. • Pengoptimalan penggunaan sumber daya di Jurusan seperti para staf akademik, staf administrasi, fasilitas, dana, dan mahasiswa yang masuk. • Jurusan Teknik Mesin ITS bertekad untuk memajukan pusat penelitian penopangnya untuk meyakinkan, mempromosikan, dan memberikan kesempatan bagi pihak industri dan lembaga-lembaga lain untuk membentuk mata rantai dan mengikat diri dalam hubungan aktifitas keilmuan dan bisnis. • Jurusan Teknik Mesin ITS bertekad untuk melaksnakan program yang berkualitas dan mencapai kemajuan di lapangan ilmu pengetahuan, budaya dan kesejahteraan sosial.

Tujuan Pendidikan
(A) Menguasai ilmu pengetahuan dasar dari prinsip – prinsip keilmuan.
(B) Memahami metode – metode teknik dan kompetisinya dalam aplikasi,menyangkut : (1) Pengetahuan terhadap faktor-faktor interaksi dalam proses dan sistem. (2) Kemampuan untuk mengaplikasikan prinsip- prinsip dasar terhadap situasi baru. (3) Keahlian dalam membuat prakiraan dan dalam memilih pendekatan terhadap permasalahan. (4) Kemampuan untuk membuat penilaian tejnik yang berintuisi. (5) Memiliki kemampuan berfikir yang panjang dan keaslian dalam merencanakan suatu peralatan bagi suatu tujuan yang telah ditentukan. (6) Pemahaman akan elemen biaya dan kemampuan untuk berurusan dengan hal tersebut sama cakapnya dengan faktor – faktor teknologi.
(C) Mampu untuk memilih keputusan penting dalam masalah teknik dan mempresentasikan dengan jelas dan tepat.
(D) Tertarik secara terus – menerus dalam pengembangan profesi yang lebih jauh.
(E) Mampu untuk menghadapi perubahan teknologi yang cepat, saat ia harus belajar lagi fakta – fakta bahkan prinsip secara cepat dan efektif.
(F) Pengenalan terhadap perubahan kebutuhan masyarakat di negeri kita.
(G) Pengertian bahwa pendidikan teknik adalah disiplin ilmu seumur hidup.
(H) Kualitas kewirausahaan.

S1 Teknik Mesin ITS
Tujuan program pendidikan S-1 Jurusan Teknik Mesin FTI-ITS adalah membentuk Sarjana Teknik yang menguasai dasar-dasar (basic) dari hakekat ilmu teknik pemesinan secara umum maupun secara khusus. Membentuk kemampuan berfikir secara kreatif dan kritis sehingga mereka mampu belajar terus menerus secara mandiri untuk selalu dapat mengikuti perkembangan bidang keahlian tersebut dalam rangka menumbuhkan daya adaptasi yang besar terhadap tuntutan lingkungannya.
Program pendidikan S-1 sebanyak 144 SKS yang dijadwalkan dalam 8 (delapan) semester, terdiri dari dua tahap yaitu :
Tahap Persiapan
semua mahasiswa Jurusan Teknik Mesin wajib mengambil mata kuliah – mata kuliah yang sama sebanyak 36 SKS, yang dijadwalkan dalam 2 (dua) semester.
Tahap Sarjana
semua mahasiswa Jurusan Teknik Mesin wajib mengambil mata kuliah – mata kuliah yang sama sebanyak 108 SKS, yang dijadwalkan dalam 6 (enam) semester diantaranya terdiri dari 22 SKS kelompok mata kuliah keahlian, laboratorium keahlian dan tugas akhir dari bidang studi yang dipilih
Bidang Studi meliputi :
1. Konversi Energi
2. Desain
3. Teknik Manufaktur
4. Metalurgi

Prestasi
Pada Tahun 1997, Jurusan Teknik Mesin ITS berhasil mendapat predikat Jurusan Teknik Mesin terbaik se Indonesia, hal ini berdasarkan hasil penilaian BAN (Badan Akreditasi Nasional) yang menyatakan bahwa Teknik Mesin ITS berada pada grade A dengan skor 642,7.
Disamping itu sejak tahun 1999 Jurusan Teknik Mesin mendapat dana bantuan World Bank untuk menjalankan proyek QUE (Quality for Undergraduate Education) selama 5 tahun. Demikian juga prestasi yang serupa juga diperoleh oleh program studi D3 mesin, yaitu TPSDP (Technological and Professional Skills Development Sector Project – Batch I). Project ini dijadwalkan pelaksanaannya mulai Oktober 2001 selama 4 tahun dan didanai oleh Dirjen Dikti dengan bantuan ADB.
Prestasi tersebut ditunjang oleh adanya sarana dan prasarana yang lengkap, seperti : Textbook dengan standar Internasional, Rasio dosen lulusan Luar negeri yang tinggi, Kurikulum standar Internasional, Peralatan dan mesin-mesin laboratorium yang lengkap, Fasilitas mahasiswa yang memadai, Rasio fresh graduate dengan IP tinggi yang besar.
Dari data-data Policy Study yaitu lewat program yang bertema “Tracer Study Alumni Jurusan Teknik Mesin” yang dilakukan sejak tahun 1999, maka waktu tunggu lulusan teknik mesin untuk bekerja sebagian besar adalah sekitar 3 bulan. Hal ini berarti, bahwa Kurikulum serta Silabus Jurusan Teknik Mesin sesuai dengan kebutuhan industri atau pasar. Walaupun demikian, Jurusan Teknik Mesin masih perlu melakukan perbaikan kurikulum, seperti menambah materi Bahasa Inggris dan Manajemen, sehingga waktu tunggu lulusan teknik mesin dapat dipersingkat dan penyerapan tenaga lulusan makin besar. Sesuai dengan hasil tracer study diatas beberapa soft skills yang perlu ditambahkan diluar kurikuler adalah masalah Manajemen serta Bahasa Inggris. Disamping prestasi-prestasi di atas Jurusan Teknik Mesin setiap tahun akademik mengumumkan Mahasiswa Berprestasi Terbaik.

Laboratorium Teknik Mesin ITS
Laboratorium di jurusan Teknik Mesin ITS, secara garis besar, terdiri dari…
1. Laboratorium Bidang Desain (solid mechanics, automotive, vibration dynamics systems, hydraulic and pneumatic, hydraulic power, hydraulic lubrication, noise and vibration, critical shaft, balancing machine)
2. Laboratorium Bidang Konversi Energi (fuel and combustion, heat transfer and applied thermodynamics, fluid mechanics and fluid machinery)
3. Laboratorium Bidang Metalurgi (relation between mechanical and physical metallurgy, mechanical metallurgy, physical metallurgy)
4. Laboratorium Bidang Teknik Manufaktur (CNC laboratory, metrology and dimension calibration, Manufacturing system and control, machine tool and vibration)
5. Laboratorium Computer Aided Engineering (CAE)
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Studio Gambar
8. Laboratorium Otomosi Industri

Kurikulum Teknik Mesin ITS Tahun Akademik 2009-2014
Semester 1
Pendidikan Agama (2 SKS), Bahasa Indonesia (2 SKS), Bahasa Inggris (2 SKS), Kimia (3 SKS), Kalkulus (3 SKS), Fisika Dasar 1 (3 SKS), Pengantar Teknik Mesin (3 SKS).
Semester 2
Program Komputer & Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (3 SKS), Statika (3 SKS), Menggambar Mesin (3 SKS), Kewarganegaraan (2 SKS), Kalkulus 2 (3 SKS), Fisika Dasar 2 (4 SKS).
Semester 3
Matematika Rekayasa 1 (3 SKS), Termodinamika 1 (3 SKS), Mekanika Fluida Dasar 1 (2 SKS), Mekanika Kekuatan Material (3 SKS), Kinematika Mekanisme (3 SKS),
Pengetahuan Bahan Teknik (3 SKS), Teknik Tenaga Listrik (2 SKS).
Semester 4
Matematika Rekayasa 2 (2 SKS), Termodinamika 2 (2 SKS), Mekanika Fluida Dasar 2 (3 SKS), Proses Manufaktur 1 (3 SKS), Elemen Mesin 1 ( 3 SKS), Dinamika Teknik (3 SKS), Metalurgi (3 SKS).
Semester 5
Perpindahan Panas (4 SKS), Statistika (3 SKS), Mekanika Getaran (3 SKS), Proses Manufaktur 2 (3 SKS), Elemen Mesin 2 (3 SKS), Analisa Numerik (3 SKS).
Semester 6
Mesin Konversi Energi (3 SKS), Perencanaan Eksperimen (2 SKS), Sistem Dinamik &Pengendalian (4 SKS), Pengukuran Teknik (3 SKS), Perencanaan Elemen Mesin (2 SKS), Pilihan 1 (3 SKS).
Semester 7
Teknik & Manajemen Perawatan (3 SKS), Pilihan 2 (3 SKS), Pilihan 3 (3 SKS), Riset Operasional (2 SKS), Mekatronika (4 SKS), Proposal Tugas Akhir (2 SKS).
Semester 8
Pengantar Ilmu Lingkungan (2 SKS), Pilihan 4 (3 SKS), Ekonomi Teknik & Studi Kelayakan (2 SKS), Kerja Praktek (2 SKS), Manajemen Operasi & Technopreneurship (3 SKS), Tugas Akhir (5 SKS).

Mata Kuliah Pilihan Bidang Studi Desain (Semua 3 SKS)
Metode Matriks Untuk Analisa Struktur, Kekuatan Material Lanjut, Getaran Sistem Mekanikal, Pesawat Pemindah Bahan, Metode Elemen Hingga, Sistem Kontrol Hidrodinamika dan Pneumatika, CAD / CAM, Robotika, Konstruksi dan Stabilitas Kendaraan, Teori Keandalan, Analisa Plat dan Shell, Metode Komputasi dan Sintesa Untuk Mekanisme, Tribology dan Teori Gesek Pada Permesinan, Analisa Tegangan Eksperimen, Optimasi Perancangan dan Proses, Topik Khusus Desain.

Mata Kuliah Pilihan Bidang Studi Konversi Energi (Semua 3 SKS)
Mekanika Fluida, Pompa, Kompresor dan Turbin Air, Motor Pembakaran Dalam, Teknik Pendingin, Teknik Pengkondisian Udara, Teknologi Maintenance, Sistem Pembangkit Uap dan Turbin, Energi Surya, Menejemen dan Ekonomi Energi, Metode Komputasi Fluida, Sistem Tenaga Hidrolika dan Pneumatika, Pencemaran Udara, Aerodinamika, T P B B, Perpindahan Massa dan Panas, Sistem Pembangkit Daya Air, Topik Khusus Konversi Energi.
Mata Kuliah Pilihan Bidang Studi Teknik Manufaktur (Semua 3 SKS)
Perancangan Mesin Perkakas, Proses Permesinan CNC, Mould Design, Sistem Manufaktur Industri, Proses Pembentukan, Artificial Intelegence, Simulasi Sistem Dinamis, Perancangan Perkakas, Teknik dan Menejemen Perawatan, Menejemen Kualitas Terpadu, Pengembangan Produk, Getaran Mesin Perkakas, Spesifikasi Geometri Produk, Proses Permesinan , Topik Khusus Manufaktur.

Mata Kuliah Pilihan Bidang Studi Metalurgi (Semua 3 SKS)
Teknik Las, Teknik Cor, Perlakuan Panas, Kekuatan Material Lanjut, Proses Pembentukan, Termodinamika Metalurgi, Logam Paduan Industri, Polimer dan Komposit, Pengujian Tak Merusak, Korosi, Mekanika Patahan, Fenomena Transport, Topik Khusus Metalurgi.

Organisasi Kemahasiswaan Jurusan
1. Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITS
Sebuah organisasi struktural dalam Keluarga Mahasiswa Mesin (KMM) yang mempunyai kedudukan sebagai badan eksekutif seperti yang tertuang dalam AD-ART KMM. Anggota HMM adalah seluruh mahasiswa Teknik Mesin S-1 FTI ITS yang telah dinyatakan lulus dari proses kaderisasi awal. Ada tiga peran utama yang nantinya akan diemban oleh HMM. Yang pertama, tentunya sebagai badan eksekutif HMM berperan sebagai pusat koordinasi dari seluruh organisasi mahasiswa yang ada di lingkup internal Teknik Mesin. Baik itu fungsi koordinatifnya terhadap Lembaga / LSM ataupun fungsi instruktifnya terhadap Klub. Yang kedua, HMM berperan sebagai mitra kerja aktif dari Pihak Jurusan Teknik Mesin ITS. Dibutuhkan sebuah pola komunikasi yang terbuka antara kedua belah pihak ini. Diharapkan dengan adanya kolaborasi antara Pihak Jurusan Teknik Mesin ITS dengan HMM akan memberi manfaat bagi seluruh KMM. Yang ketiga, HMM berperan sebagai fasilitator bagi seluruh kegiatan kemahasiswaan KMM yang berkaitan dengan lingkup eksternal maupun lingkup internal Teknik Mesin ITS sendiri.
2. Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) ITS
Salah satu ormawa yang ada di Jurusan Teknik Mesin bergerak di bidang kemekanikan dan otomotif. Di mana kedua bidang tersebut sangat erat kaitanya dengan minat dan bakat dari Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. Dengan adanya Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin diharapkan minat dan bakat mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mampu terwadahi dan terarahkan.
3. Lembaga Ash-Shaff
Ash-Shaff adalah Lembaga Swadaya Mahasiswa yang berperan sebagai forum komunikasi civitas akademika muslim Jurusan Teknik Mesin ITS, dimana Lembaga ini bergerak dalam bidang dakwah untuk menjalin ukhuwah islamiyah yang kokoh, membangun intelektual muslim yang berwawasan luas, berkepribadian Islam, serta berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunah Rasullulah SAW.
3. Dimensi
Dimensi merupakan Club yang menampung minat dan bakat mahasiswa mesin dalam bidang jurnalistik serta sebagai media penyalur informasi Teknik Mesin ITS. Sebagai perantaranya adalah majalah Dimensi dan majalah tembok yang diterbitkan secara berkala. Peningkatan skill anggota di bidang jurnalistik dilakukan lewat kegiatan mentoring dan pendelegasian keluar instansi lainnya dalam pelatihan jurnalistik. Club Dimensi juga membina hubungan baik dan bekerjasama dengan Lembaga Pers Mahasiswa luar Teknik Mesin lewat keikutsertaannya menjadi anggota Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).
4. Mesin Autosport ITS
Club ini menampung minat dan bakat mahasiswa mesin d`lam bidang automotif khususnya sebagai pelaksana teknis (racing comittee) suatu even otomotif.
5. Mesin Music Club (MMC)
Mesin Music Club adalah sebuah club yang berfungsi sebagai wadah dan penyalur minat dan bakat mahasiswa Teknik Mesin ITS di bidang musik serta sebagai tempat pembelajaran berorganisasi. MMC mempunyai peran sebagai salah satu club yang ikut menyukseskan kegiatan keluarga mahasiswa mesin ITS. MMC mempunyai tujuan turut memajukan perkembangan musik dilingkungan Teknik Mesin ITS.
6. Mesin English Club (MEC)
Club ini menampung minat dan bakat mahasiswa mesin dalam bidang berbahasa Inggris di Teknik Mesin ITS.






Sumber : Pedoman Umum Ekivalensi Tahun 2009, Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru ITS 2006-2007, dan Buku 50 Tahun Teknik Mesin ITS.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Referensi tentang Logo "M" Mesin ITS dapat dibaca pada tautan berikut:

http://katamata.wordpress.com/2013/11/15/logo-m-its/

Радомир Эра mengatakan...

Jika Anda memiliki masalah keuangan, sekarang saatnya Anda tersenyum. Anda hanya perlu menghubungi Bpk. Benjamin dengan jumlah yang ingin Anda pinjam dan periode pembayaran yang sesuai untuk Anda dan Anda akan memiliki pinjaman dalam waktu kurang dari 48 jam. Saya hanya mendapat manfaat untuk keenam kalinya pinjaman 700 ribu dolar untuk jangka waktu 180 bulan dengan kemungkinan membayar sebelum tanggal kedaluwarsa. Lakukan kontak dengannya dan Anda akan melihat bahwa dia adalah orang yang sangat jujur dengan hati yang baik. Surelnya adalah lfdsloans@lemeridianfds.com dan nomor telepon WhatApp-nya adalah + 1-989-394-3740

Posting Komentar

 
Back To Top